"Barangsiapa yang akhirat menjadi tujuannya, niscaya Allah SWT menjadikan kekayaannya di dalam hatinya dan menggabungkan persatuannya, serta dunia mendatanginya, sedangkan ia merasa enggan. Dan barangsiapa yang dunia menjadi tujuannya, niscaya Allah SWT menjadikan kemiskinan di depan matanya, memisahkan persatuannya, dan dunia tidak datang kepadanya kecuali yang sudah ditaqdirkan untuknya"Shahih al-Jami' no. 6510 (Shahih)

Home � Madu Untuk Ibu Hamil

Madu Untuk Ibu Hamil

Madu memiliki banyak keistimewaan dibanding zat pemanis lainnya, kandungan gizinya sangat tinggi, di antaranya mengandung zat gula (glukosa dan fruktosa), asam amino, vitamin (thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, asam askorbat), juga mengandung kandungan mineral (kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, phosphor, dan mangan).
Dilihat dari banyaknya kandungan tersebut, madu sangat baik untuk dikonsumsi ibu-ibu hamil.
Adapun takaran yang dianjurkan adalah 3 sendok makan sehari dua kali, baik diminum langsung maupun dicampur dengan air putih. Selain minum madu, sebaiknya ibu hamil melengkapi kebutuhan zat gizi dari makanan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar ibu hamil tersebut sehat serta janin tumbuh dengan sempurna dan sehat. Ibu hamil sebaiknya tercukupi kebutuhan zat besi untuk mencegah anemia.
Agar madu yang kita konsumsi terjamin kualitasnya, maka sebaiknya kita harus mengetahui cara membedakan madu asli (kualitas baik) dengan madu yang tidak asli, yaitu sebagai berikut:

  • Menuangkan madu kedalam gelas yang telah berisi air putih. Jika madu mengendap dahulu dan air tetap jernih, kemudian setelah diaduk air baru berubah warnanya, insya Alloh madu tersebut kualitas baik. Tetapi jika saat madu dituangkan air berubah warnanya dan madu tidak mengendap, ada kemungkinan madu tersebut tidak asli.
  • Belilah madu yang sudah teruji secara laboratorium, mendapatkan sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia).
Manfaat madu pada saat hamil antara lain:
  • Mengurangi rasa mual pada masa kehamilan
  • Menambah nafsu makan bagi ibu hamil
  • Untuk melindungi janin dari keracunan
Madu dapat membantu ibu pada saat menjalani masa-masa nifas. Pemberian madu pada saat nifas sangat penting karena madu mempunyai zat gizi yang tinggi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu pada saat menyusui. Oleh karena itu banyak dokter di Jepang merekomendasikan untuk mengkonsumsi madu setiap hari selama masa nifas.

Sumber : http://habbatsonline.com/in/berita/artikel/337-madu-untuk-ibu-hamil.html