"Barangsiapa yang akhirat menjadi tujuannya, niscaya Allah SWT menjadikan kekayaannya di dalam hatinya dan menggabungkan persatuannya, serta dunia mendatanginya, sedangkan ia merasa enggan. Dan barangsiapa yang dunia menjadi tujuannya, niscaya Allah SWT menjadikan kemiskinan di depan matanya, memisahkan persatuannya, dan dunia tidak datang kepadanya kecuali yang sudah ditaqdirkan untuknya"Shahih al-Jami' no. 6510 (Shahih)

Home � Omega 3, Pencegah Serangan Jantung

Omega 3, Pencegah Serangan Jantung

Amerikan Heart Association menganjurkan makan paling sedikit 2 porsi ikan setiap minggu, lebih baik ikan berlemak seperti salmon, mackerel, herring, sardine, atau anchovy. Karena ikan–ikan ini merupakan sumber minyak ikan Omega 3. Namun, kebanyakan dari orang Amerika sendiri tidak menjadikan makan ikan sebagai kebiasaan, sehingga diet–diet orang Amerika hampir tidak mengandung asam lemak Omega 3.

Asam lemak Omega 3 juga terdapat di dalam makanan seperti flaxseed, minyak canola, dan walnut. Makanan–makanan ini kaya akan Omega 3 dalam bentuk alphalinolenic acid. Tapi di dalam tubuh, hanya sekitar 15% dari Omega 3 yang diubah menjadi Omega 3 yang kuat dan esensial seperti yang terdapat di dalam ikan, DHA dan EPA. Anda juga dapat minum kapsul minyak ikan. Tapi bagi sebagian orang, kapsul ini terasa amis atau menyebabkan sendawa amis.

Sampai sejauh ini, belum ada angka kecukupan gizi untuk EPA atau DHA. Kebanyakkan studi menunjukkan manfaat dari makanan yang kaya Omega 3, bukan dari suplemen Omega 3. Orang dewasa yang tidak makan ikan berminyak secara teratur dapat mendapatkan manfaat dari suplemen Omega 3 dalam dosis yang tepat yaitu tidak lebih dari 1.000 sampai 2.000 mg per hari. Suplemen minyak ikan ini tak boleh digunakan pada anak– nak, ibu hamil, atau ibu menyusui, dan orang–orang yang minum obat pengencer darah Coumadin.

Manfaat dari Omega 3 itu sendiri adalah:

• Omega 3 dapat membantu menghentikan penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung. Manfaat Omega 3 dalam mencegah serangan jantung ditemukan pada orang-orang Inuit, penduduk asli Kanada, mereka mengkonsumsi 2 gram lemak Omega 3 sehari. Angka kematian pada orang–orang Inuit hanya separuh dari tetangganya yang dietnya rendah Omega 3.

• Omega 3 juga dapat membantu menghentikan denyut jantung yang terlalu cepat, yang membuat serangan jantung menyebabkan kematian mendadak.

• Omega 3 juga membantu menjaga pembuluh–pembuluh darah rileks.

• Omega 3 juga dapat membantu mencegah stroke, depresi, penyakit Alzheimer, dan kram menstruasi yang berat.

(Penulis: Febriyanti S.K)
Sumber : Kulinet.Com

0 komentar to "Omega 3, Pencegah Serangan Jantung"

Leave a comment

silahkan isi komentar